Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Harus sampai Pelosok

Gadget, Nasional, Tekno

NOTULA – Saat ini pemerataan infrastruktur jaringan dan transformasi digital mutlak harus dilakukan secara merata hingga pelosok, agar digitalisasi bisa dirasakan semua kalangan masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu, kalangan operator seluler diminta segera membangun jaringan telekomunikasi hingga ke daerah terpencil.

“Komisi I mendorong operator seluler membangun jaringan hingga ke daerah terpencil. Ini juga wujud dari prinsip keadilan sosial,” kata Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Rizaldi dalam webinar bertema “Pentingnya Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Guna Mendukung Terwujudnya Konektivitas Wilayah serta Pemulihan Ekonomi Nasional”, Selasa (26/4/22).

Dia juga memastikan, DPR turut mendorong pemerataan insfrastruktur digital di seluruh wilayah, seperti halnya menciptakan regulasi yang fair.

“Seperti UU Cipta Kerja dan juga menyetujui pagu anggaran Kementerian Kominfo tahun 2022 sebesar Rp 21,79 triliun,” lanjut politisi Partai Golkar itu, seperti dikutip dari rmol.id.

Menyikapi itu, Perwakilan Kemenkominfo, Bangsawan, mengatakan, sejumlah tantangan serta strategi  dihadapi Kemenkominfo dalam rangka mendorong pemerataan infrastruktur telekomunikasi ke berbagai wilayah.

Di antaranya berupa ketersediaan infrastruktur pendukung, seperti jalan tower, listrik, dan lain-lain, serta pentingnya dukungan perizinan dari pemerintah daerah.

“Kami juga sedang berupaya menyiapkan talenta digital yang kompeten dan berdaya saing serta mengembangkan pemanfaatan use case 5G dan Iot di sektor Industri,” katanya.