PBNU: 1 Ramadhan 1442 H Jatuh pada 13 April 2021

Nasional

NOTULA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan awal Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4/21).

Berdasar ikhbar atau pemberitahuan PBNU, Senin (12/4/21) sore, sesuai rukyatul hilal bil fi’li di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan, dinyatakan telah berhasil melihat hilal.

Atas dasar rukyat hilal itu, dan sesuai pandapat Al-Madzahibul Arba’ah, maka PBNU menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.

Kepada warga NU dan umat Islam, PBNU mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1442 H dengan penuh keimanan dan keyakinan, dan menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak bacaan Al-Quran, zikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat.

Di tengah pandemi Covid-19 ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan, baik yang ditetapkan pemerintah pusat dan daerah.

Tiga Provinsi
Sementara itu, tim Falakiyah Kementerian Agama telah mendapat laporan kemunculan hilal untuk menentukan hari pertama Ramadan 1442 Hijriah. Ada beberapa tempat terlihat hilal.

Cecep Nurwendaya, anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, menjelaskan, hilal terpantau paling tinggi di Bengkulu.

“Di Indonesia hilal terpantau muncul 2,6 derajat di Jayapura, sampai 3,6 derajat di Bengkulu. Hari ini paling tinggi tidak di Aceh, karena kurvanya miring. Dari bulan ke bulan kurva berubah-ubah,” jelas Cecep, pada Sidang Isbat Awal, Senin (12/4).

Cecep juga mengatakan, mayoritas negara di dunia menetapkan Ramadan akan dimulai esok hari, Selasa (13/4/21).

“Hasilnya, keputusan awal Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Ini yang dipakai hakim standar Indonesia. Namun, sifatnya masih harus diuji dikonfirmasi dengan isbat,” katanya.

Setelah menerima laporan ini, Kemenag akan melakukan Sidang Isbat untuk memutuskan apakah posisi isbat yang sudah dilaporkan sudah benar. Sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup dan kepastiannya akan diumumkan pada 19.30 WIB.