Pantau Kecurangan Pemilu, PB HMI Luncurkan I-Pantau

NOTULA – Demi menjaga marwah Pemilu 2019 dari pelanggaran dam kecurangan, Pengurus Besar Himpunan Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) meluncurkan aplikasi digital pemantau Pemilu, I-pantau.

Menurut Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan PB HMI, Abdul Aziz, I-pantau hadir untuk mempermudah kerja relawan pemantau pemilu dari HMI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami relawan pemantau nasional memikirkan adanya kemudahan bagi pemantau kita. Maka dari itu kami menghadirkan I-pantau,” katanya, dalam konferensi pers di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (8/4).

Dikatakannya, ruang lingkup yang akan dipantau dalam pemilu nanti setidaknya ada sebelas item. Diantaranya ketepatan waktu memulai pemungutan suara ataupun proses perhitungan suara.

Saat ini, seperti dikutip dari rmol.co, setidaknya sudah ada 3.000 relawan HMI yang menyatakan kesediaan untuk berpartisipasi. Jumlah itu diharapkannya terus bertambah hingga 6.000 relawan.

“Dari 270-an cabang, satu cabang minimal diperkuat 30 relawan, maka kalkulasi yang kita harapkan enam ribu relawan HMI yang akan turun ke TPS. Insya Allah hasil pemantauan ini akan kita rilis secara nasional nanti,” jelas Abdul Aziz.