Pandemik Covid-19, TNI-Polri Turun Disiplinkan Masyarakat di 4 Provinsi dan 24 Kota/Kabupaten

Nasional

NOTULA – Dalam waktu segera, TNI dan Polri menggelar pendisiplinan protokol kesehatan, menyongsong kehidupan normal baru (The New Normal), di tengah pandemik Covid-19, serentak di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Demikian disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Selasa (26/5/20).

“Kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan ini dimaksudkan agar masyarakat bisa melaksanakan kegiatan, dan aman terhadap Covid. Rencananya dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota,” tutur panglima, seperti dikutip dari rmol.id.

Lebih lanjut dijelaskan, objek pendisiplinan protokol kesehatan dilakukan di tempat lalu lintas orang, seperti sarana transportasi massal, pasar, mal, tempat pariwisata, dan lain sebagainya.

“Ada 1.800 objek yang akan kawal untuk pelaksanakan pendisiplinan PSBB,” tuturnya.

Mantan Kepala Staf TNI AU (KSAU) itu juga mengatakan, pada tahap pertama aparat akan melaksanakan pendisiplinan di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

“Mudah-mudahan tahap pertama bisa berjalan baik, kita atur mal yang kapasitas 1.000 akan kita izinkan 500 saja dan itu kita awasi,” tambahnya.

Menurutnya, personel yang akan diterjunkan berjumlah 340 ribu orang. Mereka akan mengawasi 1.800 titik di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

“Saya mohon dukungan untuk berhasilnya pelaksanaan pendisiplinan protokol itu, mudah-mudahan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota itu nantinya R0 (r naught) bisa turun sampai 0,7 atau yang lebih bagus,” pungkasnya.