P-21, Selasa Pekan Depan Habib Rizieq Diserahkan ke Kejaksaan

Nasional

NOTULA – Bareskrim Polri merampungkan berkas perkara alias p-21 kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat, dengan tersangka Habib Rizieq Shihab.

Dengan begitu, selanjutnya Habib Rizieq bakal diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum, untuk segera disidangkan.

“Berkas perkara yang bersangkutan sudah P21, dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan, minggu depan, Selasa, 9 Februari, diserahkan tanggung jawab tersangka dan barang buktinya dari penyidik Bareskrim Polri kepada pihak penuntut umum,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/2/21).

Seperti diketahui, sebelumya kasus kerumunan ini ditangani Polda Metro Jaya. Tak lama setelah Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka, penanganan kasusnya kemudian ditarik ke Bareskrim Mabes Polri.

Selain kasus kerumunan yang mengabaikan protokol kesehatan, seperti dikutip dari RMOL.id, Habib Rizieq juga ditetapkan tersangka kasus kerumunan di Megamendung, Jawa Barat; dan kasus tes swab di RS Ummi.

Terkait kerumunan di Petamburan, eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) ini ditetapkan sebagai tersangka penghasutan dan melawan petugas dalam kasus kerumunan acara di Petamburan, Jakarta Pusat. Habib Rizieq resmi ditahan polisi pada 12 Desember lalu.