Orang Tua di Seluruh Indonesia Diminta Pantau Anak saat Malam Tahun Baru

Nasional

NOTULA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta para orang tua mengawasi anak saat perayaan menyambut Tahun Baru 2019. KPAI mencatat, marak terjadi hal-hal negatif pada perayaan tahun baru.

“Kepada para orang tua di Indonesia, kami mengimbau agar terus memantau dan membimbing putra-putrinya untuk mengisi momentum menyambut tahun baru dengan kegiatan positif dan edukatif,” pinta Ketua KPAI, Susanto, dalam keterangannya, Senin (31/12).

Menurut dia, perayaan tahun baru selama tiga tahun terakhir belakangan marak diisi sejumlah masalah, seperti pesta Narkoba, pesta seks, serta kecelakaan akibat bermain kembang api dan petasan.

“Masyarakat juga perlu memantau agar anak di lingkungan sekitar tetap melakukan kegiatan yang positif dan mencegah segala kemungkinan potensi negatif. Hal ini penting, agar anak tetap terjaga dan tidak menjadi sasaran kejahatan,” harap Susanto lagi.

KPAI juga meminta pemerintah daerah tegas dalam menjaga keamanan di wilayahnya. Ketegasan itu diperlukan untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia.

“Kami meminta pemerintah daerah agar tegas mencabut izin wisma, penginapan, dan hotel yang dengan sengaja memfasilitasi pelaku kejahatan seksual terhadap anak,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.