Operasi Zebra 2020 Digelar, Polisi Tekankan Pendekatan Humanis

Malang Raya

NOTULA – Operasi Zebra Semeru 2020 kembali digelar, sejak 26 Oktober hingga 8 November. Tapi kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Di masa pandemic, polisi lebih mengedepankan humanisme, terutama sosialisasi protokol kesehatan.

Kaur Bin Ops Lantas Polres Malang, Iptu Sunarko Rusbiyanto, mengatakan, operasi di wilayah Kabupaten Malang ini mengedepankan pendekatan humanis.

“Operasi kali ini mengedepankan humanisme, baru dilakukan penilangan”, kata Sunarko, Kamis (29/10/20), saat dikonfirmasi secara online.

Ditambahkan, dalam empat hari Operasi Zebra di wilayahnya, sudah terjaring sekitar 500 pelanggar. Mayoritas melawan arus dan menggunakan telepon genggam sambal berkendara.

Polres Malang juga memberlakukan sistem reward and punishment. Tujuannya, agar Operasi Zebra punya efek jangka panjang, menurunkan jumlah pelanggaran.

Sosialisasi tertib lalu lintas ke masyarakat, sambung dia, akan terus dilakukan, terutama kepada anak di bawah umur. Karena masih ditemukan anak di bawah umur yang berkendara di jalan raya.