Mulai Hari Ini, KPU Buka Layanan Akses Sipol

Nasional

NOTULA – Mulai hari ini, Sistem informasi partai politik (Sipol) yang digunakan untuk pelayanan pendaftaran partai politik (Parpol) dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepastian itu disampaikan anggota KPU RI, Idham Holik, dalam jumpa pers di Kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/22).

“Hari ini, jumat, tanggal 24 Juni sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran, kami akan mulai membuka akses Sipol,” katanya.

Dia juga menjelaskan, Sipol merupakan layanan yang disediakan KPU untuk mempermudah proses pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu Serentak 2024 dengan basis online.

“Sipol ini merupakan kewenangan atributif kami yang diperintahkan oleh UU 7/2017, bahwa kami diberi kewenangan untuk mengatur pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi Parpol, dan kami menetapkan Sipol sebagai alat bantu,” bebernya.

Mantan anggota KPU Jawa Barat itu, seperti dikutip dari rmol.id, juga mengatakan, akses Sipol dibuka hingga masa akhir pendaftaran, yakni pada 14 Agustus 2022.

Masih menurut Idham, untuk teknis penggunaan Sipol KPU telah memberikan sosialisasi, bahkan rapat koordinasi bersama Parpol calon peserta pemilu.

“Untuk lebih detailnya ada di website kami dengan alamat sipol.kpu.go.id,” pungkasnya.