Muktamar NU Digelar 23-25 Desember di Lampung

Nasional

NOTULA – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf, mufakat Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama digelar pada 23 hingga 25 Desember, di Lampung.

Kemufakatan itu diambil dalam forum rapat di Kantor PBNU, Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (7/12/21) malam, setelah sebelumnya terjadi Tarik ulur terkait tanggal pelaksanaannya.

“Akhirnya PBNU memutuskan muktamar dilaksanakan pada tanggal 23, 24 dan 25 Desember 2021,” jelas Ketua PBNU, KH Marsudi Syuhud, kepada wartawan, Rabu (8/12/21).

Menurutnya, sebelum kesepakatan diambil sudah dilakukan pertemuan diantara tokoh penting PBNU. Utamanya membahas kebijakan pemerintah selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang membuat jadwal Muktamar NU berdinamika.

“Pertemuan membahas perkembangan terakhir pasca pernyataan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang mengusulkan mencabut status PPKM pada liburan Natal dan Tahun Baru,” kata Marsudi.

Marsudi berharap panitia pelaksana Muktamar langsung menindaklanjuti keputusan itu, yakni berkoordinasi dengan pemerintah dan Satgas Covid-19.

PBNU, seperti dikutip dari rmol.id, juga memerintahkan kepada panitia muktamar untuk segera berkirim surat kepada pemerintah dan satgas Covid-19 baik nasional maupun lokal, terkait perizinan pelaksanaan muktamar.