MMI Luncurkan Katalog Dokumentasi Sejarah Musik Populer Indonesia

Hiburan, Malang Raya

NOTULA – Museum Musik Indonesia (MMI) meluncurkan katalog dokumentasi sejarah musik populer Indonesia, berisi tulisan-tulisan dalam 200 edisi yang pernah terbit pada kurun waktu 12 tahun, mulai 1967 hingga 1978.

Peluncuran dokumentasi diadakan di Hotel Pelangi, Jalan Merdeka Selatan No 3, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (17/12/20).

Tampilan website museummusikindonesia.id

Selanjutnya hasil dokumentasi bisa diakses melalui website museummusikindonesia.id oleh semua kalangan, secara gratis.

“Ini semua berkat bantuan dari pemerintah, yakni Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 120 Juta, melalui program FBK (Fasilitasi Bidang Kebudayaan),” jelas pimpinan Museum Musik Indonesia, Ir Hengki Herwanto MM.

Ihwal tujuan program ini, menurut Hengki, agar menjadi bahan baku pangkalan data dalam Sistem Pendataan Kebudayaan Terpadu, untuk melindungi informasi agar terjaga keberadaannya (bentuk kertas rawan kerusakan dan hilang), dan informasi bisa diakses oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Program FBK ini menampung lebih dari 2.000 proposal, tapi hanya 129 saja yang lolos seleksi, tiga diantaranya berasal dari Kota Malang, salah satunya dari MMI ini.