Menkes: Yang Pulang Liburan Jangan Keluar Rumah 5-10 Hari

Nasional

NOTULA – Walau sudah diimbau tidak bepergian di libur akhir tahun ini, tetap saja banyak yang pergi ke luar kota. Kenyataan ini cukup mencemaskan, terutama ancaman lonjakan kasus Covid di awal tahun.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meminta masyarakat yang baru berlibur untuk berdiam diri di rumah selama beberapa hari. Maksimal 10 hari, untuk memastikan kondisi kesehatannya baik-baik saja sebelum kembali beraktivitas di luar rumah.

“Kalau kita disiplin, pulang liburan jangan langsung bergerak ke mana-mana. Kalau bisa 5 hari di rumah atau 10 hari dulu di rumah, sampai terbukti kita sehat, baru kerja kembali,” kata Budi melalui keterangannya di laman Kemenkes, Selasa (29/12/20).

Menurut Budi, penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat sangat membantu penanganan Covid-19 di tanah air, terutama bagi tenaga medis yang bertugas di rumah sakit.

Untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan maksimal, dia juga inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Senin (28/12/20), Budi memantau kesiapan penanganan Covid-19 di RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu. Sidak dilakukan untuk mengetahui kesiapan tempat tidur bagi pasien Covid-19.

“Kita siap-siap dari sisi bed-nya, dokternya, perawatnya, obatnya. Kita pastikan siap, agar kalau masyarakat yang terkena jumlahnya banyak kita sudah antisipasi sejak awal,” tutupnya, seperti dikutip dari RMOL.id.