Mendagri: Sekolah New Normal Tidak Ada Upacara

Malang Raya, Pendidikan

NOTULA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, pembelajaran tatap muka 2021 tak ada upacara, ekstra kurikuler, dan olahraga.

Pernyataan itu disampaikan pada pengumuman keputusan bersama panduan penyelenggaraan pembelajaran semester genap 2021 di masa pandemi, secara virtual, Jumat (20/11/20).

“Tidak ada kegiatan berkerumun yang memicu penularan Covid pada kegiatan belajar tatap muka di sekolah, seperti upacara, ekstra kurikuler, dan olahraga. Tidak ada kantin yang dibuka, karena memicu kerumunan. Sebatas belajar di kelas, selesai langsung pulang,” katanya.

Tito juga berharap ada peranan Dinas Perhubungan untuk mengatur transportasi umum bagi anak sekolah yang aman. Tingkat penularan tidak hanya terjadi di sekolah, tapi juga saat perpindahan, termasuk di bus atau angkutan umum.

“Dinas Kesehatan perlu membentuk SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk sosialisasi kepada orang tua siswa, sekolah, dan pihak-pihak terkait lainnya,” tambahnya.

Dia juga berharap kementerian pendidikan dan kesehatan memberi bantuan kepada sekolah-sekolah di daerah yang memiliki nilai fiskal (pendapatan) rendah .

Banyaknya daerah fiskal rendah masih bergantung pada pusat, sehingga sekolah yang bergantung pada pemerintah daerah tidak akan dapat mengikuti keputusan ini.