NOTULA – Haris Pertama terpilih sebagai ketua umum dalam Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang digelar sejak 18 hingga 22 Desember, di Hotel Forest Bogor, Jawa Barat.

Meski pembukaan acara sempat mundur dari waktu yang ditentukan, namun semua prosedur persidangan dinyatakan sesuai tata tertib yang ditetapan bersama.

Ada tiga calon ketua umum yang ditetapkan dalam forum, Haris Pertama, Noer Fajrieansyah, dan Jaksen Kumaat. Di tengah perjalanan, Jaksen menyatakan mundur dan memberikan dukungan kepada Haris Pertama.

Ada 168 suara yang diperebutkan dalam kongres, terdiri dari 132 Organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (OKP), 34 DPD KNPI, 1 DPP KNPI dan 1 suara Majelis Pemuda Indonesia (MPI).

Haris menang setelah mendapat 84 suara. Sementara Noer Fajrieansyah mendapat 82 suara. Sebanyak 1 OKP tidak hadir dan 1 suara milik DPP KNPI dinyatakan netral alias abstain.

“Alhamdulillah, selamat untuk kemenangan kita pemuda Indonesia,” tutur Haris dalam sambutannya, sembari  mengajak semua OKP di Tanah Air yang selama ini terpecah belah, untuk bersatu demi kemajuan bangsa.

“Saya menantang semua pemuda dan OKP untuk bersatu bersama saya membangkitkan pemuda Indonesia,” tegas Haris.