NOTULA – Hampir lima jam lamanya Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjalani pemeriksaan terkait dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama tahun 2018-2019, Rabu (8/5).

Menteri Lukman menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka politisi PPP Romahurmuziy alias Romi yang kini mendekam di tahanan KPK.

Tercatat, sejak menjalani pemeriksaan pukul 10.00 hingga 14 40, Menag belum keluar dari ruang pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan sedikitnya tiga orang tersangka, yakni Romi, Kakanwil Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi dan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Selain itu, selama proses penyidikan kasus suap jual beli jabatan di Kemenag ini juga, sebanyak 70 orang saksi telah digarap oleh KPK.

Saat OTT, seperti dikutip dari rmol.co, KPK mengamankan uang Rp 156 juta dari tangan Romi yang diterima dari Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin.

KPK juga telah menyita sejumlah uang senilai Rp 180 juta dan 30 ribu dollar AS di laci ruangan kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam perkara ini.