Maruarar Sirait: Survei Internal PDIP, Elektabilitas Jokowi Masih Unggul

Nasional

NOTULA – Survei internal PDI Perjuangan menunjukkan elektabilitas calon presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih unggul 20 persen dari sang rival Prabowo Subianto. Karena publik puas atas kinerja pemerintahan selama ini.

“Dari survei internal, Jokowi masih unggul karena kepuasan publik kepada beliau sangat baik di bidang politik, hukum, keamanan dan ekonomi,” kata politisi PDIP, Maruarar Sirait, dalam refleksi akhir tahun Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) bertajuk ‘Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik’ di Jakarta, Minggu (30/12).

Menurutnya, selama pemerintahan Jokowi, kinerja penegakan hukum semakin baik, karena hubungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, dan Kejaksaan Agung, semakin harmonis.

Di bidang ekonomi, pemerintah tetap menjamin tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) meski harga minyak sangat fluktuatif. Serta tidak ada kenaikan tarif dasar listrik.

“Dua hal itu sangat penting bagi rakyat terutama bagi rakyat kecil. Kami pastikan itu tetap terjaga,” kata Ara, begitu dia disapa, seperti dikutip dari rmol.co.

Di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pemerintah diklaim sudah melakukan tiga hal yang baik, yakni menurunkan pajak dari 1 persen menjadi 0,5 persen, menurunkan bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 22 persen menjadi 7 persen, juga plafon publik dari Rp 5 juta menjadi Rp25 juta.

“Di sektor UKM sudah dijalankan dengan sangat baik. Jadi buat apa pihak asing masuk di sana,” jelas Ara.