Marak Isu Hoaks, Wawali Ingatkan Ihwal Diskonten

Malang Raya

NOTULA – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan Edi Jarwoko, mengingatkan kepada Forum Kewaspadaan Diri Masyarakat (FKDM), terkait maraknya isu hoaks, belakangan.

Selain wakil walikota, hadir juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, Zulkifli Amrizal, pada acara Pembinaan dan Fasilitasi FKDM, di Aula Kecamatan Sukun, Sabtu (12/12/20).

“Ada satu yang jadi perhatian, yaitu diskonten, yang merupakan respon dari masyrakat terhadap persoalan yang bisa benar atau salah, atau bisa jadi hoaks, tapi direspon sedemikian rupa, dari dunia maya dibawa ke dunia nyata, akibat kekuatan teknologi, dan masyarakat mudah mengaksesnya,” Edi mengingatkan.

Sebab itu dia meminta FKDM meneliti informasi-informasi dari media sosial, agar bisa mengetahui titik-titik rawan yang perlu diantisipasi.

Hal-hal rawan itu, sambung dia, dikhawatirkan dapat berdampak bagi masyarakat, khususnya di Kota Malang. Dia mencontohkan adanya diskontens seperti kasus di Hongkong dan di Jakarta.

“Jadi, setiap informasi yang didapat hendaknya dipetakan, apakah berdampak atau tidak. Informasikan hal yang sekiranya perlu diantisipasi oleh pemerintah dan pihak TNI/Polri,” pinta Edi.

FKDM juga diminta melihat informasi yang dikonsumsi masyarakat Kota Malang, bekerjasama dengan Ketua RT, RW, Kepala Desa, Lurah, dan Camat di setiap wilayah.