Listyo Sigit Prabowo Resmi Kapolri, Langsung Berpangkat Jenderal

Nasional

NOTULA – Rabu (27/1/21) pagi, Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, dengan menerapkan protokol Kesehatan ketat.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta menjalankan segala peratuan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakri saya untuk bangsa, bahwa saya akan menjujung tinggi Tiribrata, kiranya tuhan menolong saya,” usai Jokowi yang diikuti Listyo Sigit.

Seusai Listyo Sigit Prabowo mengucapkan sumpah, presiden langsung menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, yakni menjadi jenderal polisi.

Seperti disimak dari Youtube Setneg, acara pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, dan hanya dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Wakil Presiden Maruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung dan Ketua KPK Firli Bahuri.

Usai pelantikan di Istana Negara, Jederal Listyo Sigit Prabowo direncanakan serah terima jabatan dengan Kapolri yang lama, Jenderal Idham Azis, di Rupatama Mabes Polri.

Usai dilantik, Listyo Sigit sempat menggelar konferensi pers, yang secara garis besar akan menjalankan amanah masyarakat, di antara polisi yang tegas namun tetap humanis.

Selebihnya, tugas-tugas kepolisian di bawah kepemimpinannya sudah disampaikan pada saat fit anf proper test di Komisi III DPR RI dan paripurna.