Listrik Padam Jadi Penghambat Ujian Daring

Malang Raya, Pendidikan

NOTULA – Pemadaman listrik sekitar pukul 06.00 WIB dan sempat menyala beberapa saat namun kembali padam hingga pukul 10.00 WIB di wilayah Kota Malang, menjadi faktor penghambat ujian sekolah daring (dalam jaringan) yang hari ini berlangsung.

“Hari ini sedang dilaksanakan ujian sekokah sampai Minggu 14 Desember 2020. Sebenarnya sampai Sabtu, karena Rabu nanti ada Pilkada, tanggal merah, jadi kita ganti Minggu. Ini sejak pagi ada pemadaman listrik, jadi agak sulit ujian daring,” tutur Kepala Sekolah SDN 4 Jatimulyo, Kartini SPd MM, Senin (7/12/20).

Menurutnya, SDN 4 Jatimulyo melakukan dua sistem ujian, melalui luring (luar jaringan) atau offline, dan daring (dalam jaringan).

“Ada siswa yang sedang tidak di Malang atau di luar kota, mungkin menjenguk saudara, misalnya sedang di Banyuwangi, kita kasih soalnya untuk dikerjakan,” jelas Kartini.

Untuk siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah bisa mengambil soal ujian di sekolah dan langsung pulang. Jawaban soal dikumpulkan keesokan harinya, saat mengambil soal ujian lainnya.

“Kalau pembagian rapor, nanti pada 23 Desember. Hanya orang tua yang datang ke sekolah. Kita akan bagi tahap per kelas untuk pembagiannya,” pungkas Kartini.