Libur Natal dan Tahun Baru, Berpergian Wajib Swab Test

Nasional

NOTULA – Libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi perhatian Satgas Covid-19 dan diberlakukan aturan baru mengenai syarat tes Covid-19 bagi orang yang berpergian.

Menurut jurubicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, jenis tes Covid-19 yang akan dijadikan syarat perjalanan adalah tes usap atau swab test antigen.

“Screening melalui swab antigen diakui sebagai alat screening Covid-19 oleh WHO (organisasi kesehatan dunia),” tutur Wiku, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (18/12/20).

Syarat perjalanan itu, kata dia, tengah disusun pemerintah. Meski terkesan sulit, dia meminta masyarakat menyadari kebijakan yang akan dikeluarkan itu ditujukan untuk melindungi masyarakat dan mencegah lonjakan penularan kasus Covid-19.

“Satgas mengimbau masyarakat patuh, sehingga kebijakan yang dikeluarkan dapat berjalan efektif,” harapnya.

Selain untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus, Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 itu ingin memastikan beban fasilitas kesehatan di rumah sakit tidak menjadi berat.

Dia berkaca pada pengalaman terdahulu, saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada masa libur panjang sebelumnya, yang membuat kapasitas tempat tidur di ruang isolasi dan ICU mencapai lebih dari 70 persen.

Karena itu, beban para tenaga medis di rumah sakit pun menjadi bertambah berat, dan potensi kasus positif Covid-19 dari kalangan tenaga kesehatan juga bertambah.

“Yang paling kita khawatirkan adalah bertambahnya korban jiwa akibat Covid-19,” pungkasnya.