Libatkan 144 Ribu Personel, Polri Siapkan Gerai Vaksin di Jalur Mudik

Nasional

NOTULA – Serangkaian persiapan telah dilakukan jajaran Polri menghadapi musim mudik Lebaran 2022 yang makin dekat.

Menurut Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono, pasca pemerintah tidak melarang mudik, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 85 juta orang, dimana 14 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek.

Menyikapi itu, kata Gatot, Polri bersama TNI dan stakeholder terkait bakal menggelar Operasi Ketupat.

“Agar operasi ini berjalan aman, lancar dan tertib, kita melibatkan 144.392 personel,”jelasnya, usai rapat lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/22).

Karena tidak ada penyekatan, pihaknya bakal membuka pos pelayanan dan pengamanan. Pada pos pelayanan itu akan didirikan gerai-gerai vaksin di jalur-jalur mudik hingga di tempat wisata.

“Sehingga masyarakat yang akan vaksin, bisa vaksin di pos-pos itu, nah pos-pos ini akan ditempatkan di keramaian wisata, juga tempat-tempat ibadah, rest area, kemudian tempat-tempat kerawanan lainnya,” beber Gatot.

Operasi ketupat itu, sambung dia, dilakukan selama dua minggu, mulai 28 April hingga 9 Mei 2022 atau tujuh hari menjelang Lebaran dan tujuh hari setelah Idul Fitri.

“Kita laksanakan cipta kondisi terhadap gangguan keamanan yang mungkin muncul, kemudian percepatan vaksinasi dan lainnya,” katanya.

Operasi digelar agar arus mudik dan arus balik bisa lancar, tidak terjadi kemacetan kemacetan. “ini yang kita lakukan secara bersama-sama,” pungkas Gatot.