Lewat Presisi, Idham Azis Yakin Listyo Sigit Bawa Polri Lebih Baik

Nasional

NOTULA – Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolri dari Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo digelar di Ruptama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/1/21), dengan penerapan protokol kesehatan, diikuti seluruh Kapolda jajaran secara virtual.

Idham Azis mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua dan keluarga yang selalu memberikan doa dalam setiap menjalankan tugas, kepada para pejabat tinggi negara, Panglima TNI, KSAD, KSAL dan KSAU yang mensupport serta bersinergi dengan baik.

“Juga kepada Presiden RI dan Wakil Presiden RI yang telah memberikan amanah untuk memimpin Polri,” kata Idham Azis, dalam sambutannya.

Idham Azis yakin, Listyo Sigit Prabowo mampu membawa transformasi Polri Presisi, dan akan menjadikan institusi semakin baik. “Saya yakin dan berdoa, di tangah Listyo Sigit melalui program transformasi menuju Polri yang Presisi, institusi Polri akan jauh lebih baik,” katanya.

Sementara itu Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, transformasi organisasi menyangkut empat hal, penataan kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0, serta perubahan teknologi kepolisian modern (police 4.0).

Dia juga memaparkan, program penataan kelembagaan diwujudkan dengan kegiatan, antara lain menguatkan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan, dan penguatan struktur organisasi Polri.

Kemudian, program perubahan sistem dan organisasi diwujudkan dengan kegiatan, yakni penyempurnaan pedoman dan Standard Operasional Prosedur (SOP) kepolisian yang Presisi, berbasis data dan teknologi informasi.

“Dalam pembinaan SDM Polri, pimpinan dan organisasi tidak boleh berhenti memikirkan dan meningkatkan kesejahteraan anggota,” pinta Sigit.

Program menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 diwujudkan dengan kegiatan, antara lain peningkatan kuantitas dan kualitas SDM Polri menuju era police 4.0, peningkatan sistem manajemen karir berbasis kinerja, perluasan kerja sama pendidikan di dalam dan luar negeri. Kemudian, pengelolaan SDM unggul yang humanis dan peningkatan kesejahteraan pegawai Polri.

Sementara program perubahan teknologi kepolisian modern Police 4.0 diwujudkan dengan kegiatan penyatuan sistem informasi kepolisian yang terintegrasi, pemenuhan sarana dan prasarana Polri.

“Dan menjadikan Puslitbang Polri sebagai pusat riset teknologi kepolisian,” pungkas Sigit.