Layanan Digital di Semua Dinas Harus Ditingkatkan

Malang Raya

NOTULA – Semua kepala dinas, kepala Puskesmas atau UPTD, dan kepala RSUD Kota Malang agar lebih meningkatkan layanan digitalnya.

Harapan itu disampaikan Walikota Malang, Sutiaji, pada acara Pemkot Malang Awarding Day 2020, di Ngalam Command Center (NCC), Senin (14/12/20).

Pada kesempatan itu dia juga memberikan tropi kepada sejumlah dinas, KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), dan kecamatan terbaik yang dinilai memenuhi kualifikasi.

Ada empat kategori penghargaan yang diberikan, antara lain:

  1. Anugerah Inovasi dan Kreatifitas Informasi Digital (AIKID)
  2. Apresiasi Pengaduan Informasi Terbaik (APIK)
  3. Kelompok Informasi Publik (KIM) Award
  4. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award

“Tahun lalu kategorinya hanya satu, sekarang ada empat. Ini salah satu bentuk dari bagaimana pemerintah hadir bagi masyarakat, bahwa kita adalah pelayan masyarakat,” tutur Sutiaji, seusai acara.

Penghargaan diberikan untuk semakin memacu semangat dan kualitas pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada masyarakat, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

“Untuk 2021 sudah ada route-map sistem informasi digital di Kota Malang. Kita menyebutnya The Future of Malang, jadi ada Maldis (Malang Digital Service), tujuannya untuk menjadi Smart City nantinya,” katanya.

Dia juga berharap segala urusan masyarakat dan informasi pelayanan dari berbagai lapisan bisa semakin ceat dan mudah diakses, terutama di masa pandemi ini.