Lawan Penindasan, Prodem Siap Ikut SBY Demo Istana Negara

Nasional

NOTULA – Demi melawan penindasan, Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) menyatakan kesediaan ikut dalam aksi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Istana Negara.

Penegasan itu disampaikan Ketua Majelis Prodem, Iwan Sumule, menanggapi kabar dari Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief, bahwa SBY berpotensi akan menggelar aksi protes ke Istana Negara.

Protes itu dilakukan jika Presiden Jokowi tetap mengabaikan demokrasi dengan membiarkan aksi Gerakan Pengambilalihan Kepimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) yang melibatkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko.

“Prodem akan mendukung demo ke Istana Negara. Dan mungkin bukan sekadar mendukung, tapi ikutan,” tegas Iwan Sumule, seperti dikutip dari RMOL.id, Jumat (5/3/21).

Menurut Iwan, pembiaran aksi pengambilalihan partai sah yang melibatkan lingkar Istana, merupakan bagian dari sebuah penindasan yang harus dilawan. Perlawanan wajib dilakukan, agar hak-hak mereka yang benar tidak binasa.

“Penindasan harus dilawan, jika tak ingin binasa. ‘Kita harus ke jalan, robohkan setan yang berdiri menghadang’, demikian syair lagu Iwan,” pungkas Iwan Sumule.