Lalu Lintas Macet, Kota Batu Dipadati Wisatawan

Malang Raya

NOTULA – Libur panjang cuti bersama begitu terasa di jalan raya Malang-Batu. Sejak pagi hingga malam hari terjadi kemacetan di beberapa titik, terutama tempat wisata dan kuliner.

Sejak Kamis (30/10/20), jumlah wisatawan terus bertambah. Hampir sebagian besar jalan raya di kota wisata itu dipadati mobil dan bus wisatawan.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Mala Darlius, mengatakan, dalam satu menit kurang lebih 60 kendaran masuk wilayah kota, dan terus meningkat.

Puncak kunjungan wisata diperkirakan terjadi pada Sabtu besok, dan Minggu terjadi arus balik. Sebab itu ia meminta masyarakat tetap waspada dan menghindari kemacetan.

Mengantisipasi hal itu, Polres Batu mendirikan tiga pos khusus untuk melayani wisatawan, terutama di titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

Selain kemacetan, peningkatan jumlah wisatawan juga mewarnai lokasi-lokasi tujuan wisata, seperti Jatim Park.

Tempat wisata rakyat seperti Alun-alun Kota Batu juga sama. Pemandangan wisatawan yang ramai dan berfoto di spot taman kota begitu hiruk pikuk.

Belum lagi antrean panjang wisatawan yang berebut naik Bianglala, demi bisa menikmati pemandangan Batu dari ketinggian.

 

Alun-alun Batu banyak diminati, karena memang gratis dan hanya dipungut Rp 5.000,00 untuk naik Bianglala.

Padatnya wisatawan juga tampak di pusat kuliner tenda di utara Kota Batu. Meski begitu tetap diantisipasi dengan penerapan protocol Kesehatan oleh masing-masing pengelola wisata.