KPU: Tak Ada Data Siluman dari Kemendagri

Nasional

NOTULA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, 31 juta data penduduk yang disampaikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bukan data siluman.

Salah satu anggota KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, menjelaskan, sebelum menyampaikan data itu, Kemendagri telah melakukan analisis dengan membandingkan daftar pemilih tetap (DPT) KPU yang diputuskan per 5 September 2018 sebanyak 185 juta, dengan daftar potensial pemilih pemilu (DP4) Kemendagri per Desember 2017 sebanyak 196 Juta.

“Dari analisis itu, ada 31 juta DPT yang belum klop datanya dengan DP4,” katanya, di Jakarta, Kamis (13/12).

Menurut dia, setelah mendapat informasi data dari Kemendagri, pihaknya melakukan pencermatan pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk menganalisis dan membandingkan dengan data lain yang ada, seperti DP4, DPS, dan DPT.

Analisis dilakukan secara berjenjang oleh KPU di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, bersama-sama dengan Bawaslu, Dinas Dukcapil, dan perwakilan partai politik.

“Hasil analisis itu lalu diturunkan hingga tingkat desa/kelurahan, dicek ke lapangan satu per satu. Jadi dicermati dengan teliti dan bersama-sama. Bukan mengarang-ngarang seperti nyusun cerita pengantar tidur,” papar Pramono.