NOTULA – Komisi Pemilihan Umun (KPU) memastikan personel penyelenggaraa Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 sudah dalam keadaan siap.

Ketua KPU, Arief Budiman, memastikan petugasnya di 34 provinsi dalam keadaan siap. Tidak ada satupun personel yang mengalami masalah dan mengundurkan diri.

“Nggak ada yang bermasalah, nggak ada yang mengundurkan diri, meninggal dunia, semuanya tidak terlibat masalah, jadi semua siap,” ungkapnya, dalam Diskusi Kesiapan KPU Menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019, di Ruang Sidang KPU, Jakarta, Senin (18/12).

Meski begitu, Arief mengaku masih ada beberapa provinsi yang melakukan rekrutmen, namun semuanya masih bisa bekerja secara baik.

Hal yang akan menjadi kendala adalah anggaran KPU. Di tahun 2019, KPU mengajukan dana sebesar Rp 1,8 triliun kepada Kementerian Keuangan. Arief berharap dana ini bisa dicairkan di awal tahun, karena menyangkut rencana pengadaan sampai distribusi.

“Biasanya anggaran kita sudah dirancang, tapi biasanya selalu ada di bulan Februari atau Maret. Tapi khusus untuk Pemilu kita harap sejak awal Januari, fresh money-nya sudah sejak awal Januari,” tuturnya.

Sementara itu terkait kesiapan logistik, sampai tahap ini logistik kotak suara, bilik suara, tinta itu sudah siap. Beberapa formulir dan surat suara baru akan diproduksi pada Januari.

“Nah kalau dihitung waktunya, semuanya masih siap,” tandasnya, seperti dikutip dari rmol.co.