KPU dan Stasiun Televisi Gelar Rakor Debat Capres-Cawapres

Nasional

NOTULA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi persiapan debat calon presiden dan calon wakil presiden tahun 2019. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman, dihadiri tim dari kedua pasangan calon.

Kubu pasangan nomor urut 01 dipimpin Direktur Konten Tim Kampanye Nasional koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin, Fikri Satari, dan pasangan nomor urut 02 dipimpin Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.

Agenda rapat kali ini untuk membahas dan mengundi serta Penetapan Penyiaran Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2019.

“Sebelum melakukan pengundian, saya ingin bermusyawarah. Siapa di antara lima grup ini yang siap untuk menjadi penyelenggara,” kata Arief Budiman, saat memimpin rapat di Aula KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/12).

Hadir juga perwakilan sejumlah stasiun televisi nasional. Mereka terbagi menjadi  lima grup, yakni grup 1 terdiri dari RCTI, GTV, MNC TV, iNews TV, grup dua, terdiri dari TvOne, ANTV, BeritaSatu, dan NET TV.

Grup tiga terdiri dari Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Lalu di grup empat diisi Trans TV, Trans7, CNN Indonesia TV dan di grup lima diisi TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV.

Debat Capres-Cawapres akan berlangsung selama lima kali. Debat ke-1 digelar pada 17 Januari 2019 antar Capres-Cawapres, debat ke-2 pada 17 Februari antar Capres, debat ke-3 antar Cawapres berlangsung pada 17 Maret, debat ke 4 antar Capres pada 30 Maret.

Sementara debat ke-5 antar Capres-Cawapres belum ditentukan waktunya karena kedua pasangan calon masih ingin mencocokkan dengan jadwal kampanye.