KPU Berharap Jadwal Pemilu Diputus Pekan Depan

Nasional

NOTULA – Pekan depan jadwal pemilihan umum (Pemilu) Serentak 2024 diharapkan sudah ditetapkan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap jadwal sudah bisa disepakati dalam rapat bersama DPR dan pemerintah.

Pernyataan itu disampaikan Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, setelah mendengar DPR RI akan melaksanakan rapat Bersama, pekan depan.

“Kami (KPU) mendengar pernyataan beberapa pimpinan Komisi II DPR di media bahwa rapat konsultasi akan diselenggarakan pekan depan,” jelas Pramono kepada wartawan, Jumat (21/1/22).

Menyikapi itu, Pramono juga menyatakan, KPU sudah mengirimkan surat permohonan rapat konsultasi untuk membahas jadwal Pemilu Serentak 2024 beserta tahapan dan program-programnya.

“KPU memang berharap pembahasan tentang Tahapan Pemilu dapat dilaksanakan dalam masa sidang kali ini,” imbuhnya, seperti dikutip dari rmol.id.

Pramono juga menegaskan, KPU berharap agar tahapan Pemilu segera diputuskan, supaya penyelenggara Pemilu bisa memiliki kepastian untuk melaksanakan langkah-langkah persiapan.

“Baik perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi (Peraturan-Peraturan KPU), maupun sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik,” tandasnya.

Ditambahkan juga, dalam surat permohonan rapat konsultasi yang dikirim ke pihak DPR RI, KPU juga memasukkan satu usulan yang berbeda dari yang disampaikan KPU yaitu pada 21 Februari 2021, atau usulan dari pemerintah yaitu pada 21 Mei.

“Pada surat itu KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024,” pungkasnya.