KPK: Yang Kecipratan Suap Hibah Kemenpora Jangan Sembunyi

Nasional

NOTULA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau pihak-pihak yang merasa menerima aliran suap dana hibah Kemenpora kepada KONI segera melapor.

“Kalau ada pihak lain yang menerima dana terkait hibah di Kemenpora kepada KONI, tentu sebaiknya segera mengembalikan kepada KPK,” tutur Jurubicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (28/12).

Saat ini tim penyidik tengah mendalami indikasi pihak-pihak yang dicurigai ikut menerima aliran dana itu.

Bahkan, lanjut Febri, tidak menutup kemungkinan dalam proses ini KPK akan memblokir rekening milik pihak-pihak yang dicurigai.

“Kalau dari banyak kasus yang kami tangani, jika dibutuhkan maka dapat dilakukan pemblokiran rekening tersebut,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.

Tim penyidik KPK mengungkap suap dana hibah dari Kemenpora kepada KONI dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada pekan lalu.

Dari operasi senyap itu, KPK menetapkan lima tersangka, tiga diantaranya merupakan penerima suap. Mereka adalah Deputi IV Kemenpora, Mulyana; PPK Kemenpora; Adhi Purnama; dan Staf Kemenpora, Eko Triyanto.

Sebagai pihak diduga pemberi suap adalah Sekretaris Jenderal KONI, Ending Fuad Hamidy; dan Bendahara Umum KONI, Jhoni E Awuy.