KPK Diminta Cek Sumbangan Golfer untuk Jokowi-Ma’ruf

Nasional

NOTULA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dituntut segera mengusut tuntas sumbangan dana kampanye Pilpres milik pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Terutama terkait temuan Indonesia Corruption Watch (ICW) soal 86 persen dari total sumbangan yang diterima Jokowi-Ma’ruf dari komunitas Golfer TBIG dan TRG.

Menurut Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto, semua sumbangan, apalagi dari kalangan pengusaha, tentu memiliki kepentingan tersembunyi di dalamnya.

“Apalagi sokongan terhadap incumbent. Hal ini bisa jadi bumerang. Pastinya bisa disandera dikemudian hari,” katanya, seperti dikutip dari rmol.co, Jumat (11/1).

Sumbangan dari perorangan dan korporasi untuk Capres-Cawapres memang boleh, tapi KPK harus mengawasi dari awal. Untuk menghindari pelanggaran, karena salah satu pihak bisa saja sengaja mengakalinya dengan memakai nama orang lain untuk memberi sumbangan.

“Makanya KPK mesti cek benar-benar ini,” pungkasnya.

Dalam temuannya Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan sebanyak 86 persen dari total sumbangan yang diterima Jokowi-Ma’ruf berasal dari komunitas Golfer TBIG dan TRG. Dimana, masing-masing menyumbang untuk Jokowi-Ma’ruf senilai Rp 19,74 miliar dan Rp 18,19 miliar.