KPK Bentuk Dua Satgas, Yakin Harun Masiku Masih di Tanah Air

Nasional

NOTULA – Hingga kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih yakin, Harun Masiku masih berada di Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, merespon pertanyaan terkait setahun lebih kader PDIP, Harun Masiku, tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI Fraksi PDIP 2014-2019, berstatus buron.

Pada perkembangan pencariannya, menurut Alex, KPK sudah membentuk tim satuan tugas (Satgas) khusus. Bahkan ada dua satgas.

“Jadi kami sudah bentuk dua Satgas, karena bukan hanya Harun Masiku. Jangan lupa, masih ada beberapa yang DPO (daftar pencarian orang),” tutur Alex kepada wartawan, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/3/21).

Menurutnya, KPK terus mencari keberadaan Harun Masiku. Bahkan, pihaknya juga telah meminta bantuan kepada pihak Kepolisian.

“Bila ada masyarakat yang tahu, kita sudah membuka kontak pelaporan di KPK. Yang mengetahui silakan melapor. Kami gak akan berhenti mencari pihak yang mangkir dipanggil KPK, baik itu saksi atau tersangka KPK,” jelasnya

Dia juga menampik kabar bahwa Harun telah kabur ke luar negeri. Karena pihaknya telah mengajukan pencegahan ke luar negeri untuk Harun.

“Kami yakin masih di dalam negeri, kalau sistemnya berjalan dengan baik, dengan surat cegah itu kan pintu-pintu keluar resmi sudah kita tutup. Kecuali dia keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi, seperti naik perahu. Kalau lewat pintu yang dijaga Imigrasi, nggak akan lolos,” pungkas Alex.