Kota Malang Darurat Banjir, Motor dan Mobil Terseret Arus

Malang Raya

NOTULA – Hujan lebat mengguyur Kota Malang, Senin (10/12) sore. Banjir dengan arus cukup deras pun melanda kawasan utara dan barat. Akibatnya, jalan raya tak ubahnya seperti sungai.

Seorang wanita pengendara sepeda motor dan sebuah mobil terseret arus air yang cukup deras. Bahkan, sebuah restoran dan rumah warga terendam serta mengalami kerusakan cukup parah.

Spontan, warga pun banyak mengabadikannya, baik dalam format foto maupun video, dan selanjutnya menguploadnya ke media sosial. Pada salah satu video, tepatnya di Jalan Letjen S Parman yang tak ubahnya mirip sungai dengan air keruh yang mengalir deras, seorang wanita pengendara motor, terjatuh dan terseret arus.

Beruntung warga dan pengguna jalan lainnya dengan sigap memberikan pertolongan. Tak hanya motor, sebuah mobil juga terseret arus dan separuh badannya nyaris masuk sungi di Jalan Bantaran. Kali ini warga hanya bisa menonton, tak berani memberi pertolongan karena derasnya arus air.

Banjir tak hanya melanda jalan raya. Sebuah restoran (rumah makan) dan rumah warga di Jalan Soekarno-Hatta juga tak luput dari guyuran hujan lebat hingga menggenanginya.

Rumah makan Ringin Asri di Jalan Borobudur yang lahannya cukup luas, tiba-tiba saja berubah seperti danau. Seluruh bagian bangunan restoran tenggelam, termasuk dua mobil pengunjung. Seorang saksi mata menuturkan, pemilik mobil dan seorang anak sempat terjebak dan terendam di dalam mobil.

Sementara itu sejumlah bagian bangunan restoran robih, dan perabotnya porak poranda, termasuk sejumlah rumah warga. Sebuah rumah yang berada di tepi restoran bahkan berubah menjadi kolam renang.

Di rumah-rumah yang lain, genangan air setinggi 60 cm masih melanda, meski hujan sudah mulai reda.

Sejumlah warga mengaku kesal karena mengalami kerugian tidak sedikit. Sebagian dari mereka mengaku perabotan elektroniknya rusak. Mereka juga kesal karena selalu membersihkan bekas banjir setiap kali hujan deras tiba.