Kopaska TNI AL Temukan CVR Lion Air PK-LQP

Nasional

NOTULA – Personel TNI Angkatan Laut berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP.

“Alhamdulillah akhirnya diketemukan,” tutur Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama (Laksma) Zaenal, Senin (14/1), kepada redaksi.

Berdasar informasi yang diperoleh, CVR Lion Air PK-LQP ditemukan oleh penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I.

Seperti diketahui, Lion Air PK-LQP jatuh di Laut Jawa pada 29 Oktober 2018 lalu. Kecelakaan itu menyebabkan penumpang di dalam pesawat, termasuk kru pesawat, yang keseluruhannya berjumlah 189 orang itu meninggal dunia.

Zaenal juga mengatakan, CVR itu diamankan di salah satu KRI dan akan diserahterimakan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Sudah dibawa untuk diserahkan ke KNKT, nantinya,” demikian Zaenal, seperti dikutip dari rmol.co.

Prajurit TNI Angkatan Laut yang berhasil menemukan bagian kotak hitam, yakni Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP pun menuai apresiasi.

Salah seorang yang memberikan apresiasi itu adalah mantan Kepala Staf Umum TNI, Letjen (pur) Johannes Suryo Prabowo.

“Terima kasih buat prajurit TNI AL dan petugas KNKT yang telah berhasil menemukan dan mengevakuasi CVR Lion Air PK-LQP,” katanya, beberapa saat lalu.

Informasi sebelumnya, CVR Lion Air PK-LQP ditemukan oleh penyelam pasukan elite TNI AL (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) I.