Komnas HAM Serahkan Rekomendasi Kasus Kematian 6 Laskar FPI ke Presiden

Nasional

NOTULA – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/21) membahas kematin 6 laskar FPI.

Menko Polhukam, Mahfud MD, yang ikut mendampingi presiden, menjelaskan, seluruh komosioner Komnas HAM yang hadir membicarakan terkait tragedi penembakan 6 orang laskar Front Pembela Islam (FPI).

“Presiden, Bapak Jokowi, tadi Jam 10 telah menerima semua komisioner Komnas HAM, yang terdiri dari 7 orang, saya mendampingi presiden,” jelas Mahfud MD, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, siang ini.

Menurutnya, Komnas HAM menyampaikan secara langsung kepada presiden tentang hasil investigasi tewasnya 6 laskar yang mengawal Muhammad Rizieq Shihab.

Mahfud MD juga menjelaskan sikap pemerintah yang sejak awal tidak akan membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), dan mempercayakan pada Komnas HAM untuk melakukan investigasi atas kasus tewasnya enam Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

“Kita punya undang-undang Komnas HAM dan Pengadilan HAM, itu sudah mengatur. Komnas HAM yang menyelidiki lalu menyampaikan ke pemerintah, langkah-langkah apa yang harus diambil oleh pemerintah dan aparat,” katanya, seperti dikutip dari RMOL.id.

Masih menurut Mahfud, para komisioner Komnas HAM sudah menyampaikan laporan hasil investigasi, termasuk semua rekomendasinya.