NOTULA – Saat ini tim investigasi bentukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) masih terus bekerja menyelediki banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia.

Komnas HAM hany mengutus timnya ke beberapa provinsi untuk memperdalam fakta meninggalnya ratusan petugas KPPS pasca pemilu 2019.

“Jadi kami sudah menyiapkan, mulai hari ini dan besok sampai hari Sabtu ada tim yang ke Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian Jawa Barat dan Banten. Wilayah yang jumlah anggota KPPS yang meninggal lebih banyak, jadi kami sudah menyiapkan tim untuk itu,” jelas Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Internal, Hairansyah, di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Menurutnya, pihak Komnas HAM menargetkan waktu penyelidikan atau investigasi selesai pada 21 Mei mendatang.

Pernyataan yang sama, seperti dikutip dari rmol.co, juga diutarakan Ikatan Keluarga Besar UI yang menginginkan Komnas HAM segera memberikan data penyelidikannya sebelum 21 Mei.

“Semua data harus dikompilasi dalam proses investigasi atau penyeledikan. Kami tentu berjumpa dengan banyak pihak dan harus diambil kesimpulan secara keseluruhan. Itu tentu perlu waktu tim lapangan sampai tanggal 18, kemudian kami punya waktu 19-20,” tutupnya.