Komjen Listyo Gagas Polisi Presisi, Suparji Ahmad: Realisasikan secara Otentik

Nasional

NOTULA – Komjen Listyo Sigit Prabowo,Kapolri terpilih, menggagas Polri Presisi dalam menjalankan tugas kepemimpinannya di Korps Bahayangkara mendatang.

Menurut pengamat hukum Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad, visi Polri Presisi merupakan transformasi dari Promoter yang digawangi Tito Karnavian.

Seharusnya, kata dia, visi Polri Presisi yang disampaikan di hadapan Komisi III DPR itu harus mencakup evaluasi dari gagasan Promoter yang beberapa tahun terakhir jadi tagline Polri.

“Secara substantif, antara promoter dan presisi hanya beda-beda tipis. Spiritnya adalah kemampuan memprediksi kemungkinan dan tantangan yang akan terjadi,” tegas Suparji Ahmad, seperti dikutip dari RMOL.id, Jumat (22/1/21).

Dalam gagasan Sigit, sambung dia lagi, muatannya adalah nilai profesionalitas Polri, yakni menangani setiap masalah secara profesional.

“Tranparansi berkeadilan analog dengan terpercaya oleh masyarakat, karena mampu bersikap dan bertindak adil,” katanya.

Suparji meminta Sigit segera merealisasikan gagasan Presisi secara autentik dan berkesinambungan dengan gagasan Promoter sebelumnya.

“Visi tentan presisi dapat direalisasikan secara otentik. Rangkul semua kekuatan Polri dengan membangun soliditas dan solidaritas,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, gagasan Polri Presisi yang disampaikan Komjen Listyo Sigit adalah konsep pemolisian yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.