Ketua DPR Desak Paket Kebijakan Ekonomi 16 Dibatalkan

Nasional

NOTULA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mendesak pemerintah untuk membatalkan Paket Kebijakan Ekonomi 16 yang dianggap mengancam perekonomian nasional.

“Rapat paripurna hari ini diwarnai interupsi terkait keluarnya kebijakan dibukanya daftar negatif investasi oleh pemerintah, karena jelas-jelas mengancam pengusaha kecil atau UMKM kita,” jelas Bambang Soesatyo, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (21/11).

Dia juga mengatakan, kebijakan itu jelas-jelas bertentangan dengan produktivitas pengusaha kecil yang selama ini menopang perekonomian nasional.

“Saya imbau para Menteri, terutama menteri perekonomian, untuk meninjau kembali kebijakan itu. Saya pribadi mendorong pemerintah membatalkannya,” tegasnya.

Dikatakan juga, atas dasar apapun, tidak bisa dibenarkan jika imbas dari Paket Kebijakan Ekonomi 16 berdampak buruk bagi perekonomian nasional.

“Apapun alasannya, kebijakan itu telah membuat suasana gaduh kembali. Suasana yang mengancam para pengusaha kecil kita, yang seharusnya jadi tugas negara untuk membesarkan mereka,” paparnya, seperti dikutip dari rmol.co.

DPR juga mendorong kementerian terkait bersama mitra kerjanya untuk membahas hal itu.

“Lebih tepatnya saya menyerahkan sepenuhnya kepada komisi terkait untuk membahas ini, dengan mengundang mitra yang terkait dengan kebijakan itu,” pungkasnya.