Kenalan Baik Joe Biden, JK Politisi Penuh Kejutan

Nasional

NOTULA – Politisi senior yang juga mantan wakil presiden, M Jusuf Kalla (JK), dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden AS, Joe Biden. Hal itu dinilai ada pengaruhnya, jika JK memiliki keinginan maju sebagai Capres pada Pilpres 2024.

“Sangat dimungkinkan. Sebagai kenalan baik, kemungkinan Biden mendukung JK bisa jadi sangat besar,” kata analis politik, Iwel Sastra, Jumat (22/1/21).

Pertanyaannya, apakah JK masih memiliki minat untuk maju Pilpres 2024? Karena hingga sekarang, JK belum pernah mengeluarkan pernyataan atau tanda-tanda akan maju pada Pilpres mendatang.

Iwel berpendapat, kemenangan Mahathir Mohamad pada Pemilu Malaysia, kemudian kemenangan Joe Biden pada Pemilu AS, bisa menjadi referensi bagi JK untuk maju pada Pemilu mendatang.

“Ternyata usia tidak menjadi halangan. Apalagi diusianya yang sekarang, JK masih terlihat enerjik,” tegas Direktur Mahara Leadership itu.

Menurut pandangan Iwel Sastra, meski belum pernah memberikan pernyataan terkait rencana JK pada 2024, tetap menarik dicermati perjalanan karir JK. Ini bisa dijadikan bahan untuk memprediksi langkah JK ke depan.

“Yang pasti, JK itu politisi yang penuh kejutan, muncul pada saat menit-menit terakhir,” serganya, seperti dikutip dari RMOL.id.

“Ingat saat akan menjadi Cawapres mendampingi SBY dan Cawapres mendampingi Jokowi. Sebelumnya nama JK tidak muncul, namun mulai ramai dibicarakan menjelang SBY maupun Jokowi mengumumkan pasangan pada Pilpres,” lanjut Iwel Sastra.

Menurutnya, peluang JK maju pada Pilpres 2024 sangat besar. Salah satu partai politik yang kemungkinan mengusung JK adalah Partai Golkar.

“Walau bukan ketua umum Partai Golkar, kemungkinan itu masih terbuka. Apalagi kalau membaca karir politik JK saat maju sebagai Wapres, baik mendampingi SBY maupun Jokowi, posisi JK waktu itu bukan sebagai ketua umum Partai Golkar,” Iwel mengingatkan.

Jusuf Kalla punya kedekatan dengan Joe Biden. Mereka pernah bertemu jelang Pilpres 2009 di Gedung Putih, tanpa seremonial penyambutan dan layanan keamanan layaknya pertemuan pemimpin negara. Artinya, Biden-JK sudah seperti sahabat.