Kemendagri: Jangan Coba-coba Palsukan E-KTP

Nasional

NOTULA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkam semua pihak agar tidak berbuat curang atas blanko dan segala macam yang berkaitan dengan KTP elektronik.

Disebutkan, pemalsuan kartu identitas penduduk dalam bentuk apapun terancam pidana.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, segala kecurangan terkait data kependudukan akan dijerat pidana, sebagaimana kasus yang sudah-sudah.

“Pertama, pemalsuan E-KTP di Pasar Pramuka sedang diproses Polda (Metro Jaya),” katanya dalam diskusi bertajuk ‘Pilpres Jujur dan Adil, Ilusi atau Harapan?’, di Kantor Seknas Prabowo-Sandi, Jalan Hos Cokroaminoto Nomor 93, Menteng, Jakarta, Selasa (11/12).

Beberapa waktu lalu juga ditemukan blanko KTP-el yang dijual secara online serta penemuan E-KTPdi dalam karung di Duren Sawit. Zudan memastikan pelaku juga sudah ditangkap polisi.

“Yang penjualan di online saya sendiri yang mengusut. Sudah ditangkap Polri. Kenapa ditangkap, karena dia menjual blanko E-KTP yang asli. Mudah sekali melacaknya karena ada chip, makanya jangan coba-coba. Calo pembuatan E-KTP online sudah ditangkap di Bekasi,” kata Zudan.