Kasus Abu Janda Masuk Tahap Penyidikan

Nasional

NOTULA – DPP KNPI menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) terkait kasus dugaan rasis dan penistaan agama, dengan terlapor Permadi Arya alias Abu Janda.

Menurut Ketua Tim hukum DPP KNPI, Medya Rischa Lubis, dalam SP2HP itu pihak Bareskrim Polri memberitahukan bahwa kasus itu saat ini telah dinaikan ke tahap penyidikan.

Medya juga menjelaskan, dengan naiknya status ke tahap penyidikan, penyidik Bareskrim telah mempunyai dua bukti permulaan.

Sebelumnya penyidik juga telah memeriksa sejumlah saksi ahli. Di antaranya, saksi ahli bahasa, saksi ahli pidana, saksi ahli ITE dan dari saksi MUI Pusat.

“Artinya, telah ditemukan sedikitnya dua bukti permulaan yang cukup atas pasal pidana yang dilaporkan. SP2HP juga menerangkan bahwa penyidik telah memeriksa saksi-saksi dan beberapa saksi ahli bahasa, pidana, ITE, dan agama,” kata Medya, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/3/21).

Dia berharap penyidik dapat menaikan status Abu Janda sebagai tersangka berdasarkan pemeriksaan saksi ahli dan bukti-bukti yang cukup.

“Kami selaku pelapor berharap agar penyidik bekerja profesional dan segera menetapkan status AJ menjadi tersangka, sejalan dengan Surat Edaran (SE) Kapolri agar pengusutan kasus UU ITE tetap berjalan, jika menyangkut SARA dan hal memecah belah persatuan lainnya,” ucapnya.