NOTULA – Walikota Malang, H Sutiaji bertekad menambah wisata kampung tematik. Wilayah Kelurahan Tasikmadu kini dipersiapkan menjadi lokasi dibangunnya Kampung Arema.

“Kampung Arema ini diharapkan menjadi kampung tematik yang berbeda dari lainnya, bukan hanya segi bangunan rumahnya, juga adat istiadat yang ada di sana semua memunculkan khas Malangan,” tutur Sutiaji, saat audiensi dengan Dukut Imam Widodo dan tim, di Ruang Rapat Walikota, Selasa (14/5).

Dukut Imam Widodo merupakan pengarang buku Malang Tempo Doeloe yang sengaja diundang walikota untuk memaparkan ide-idenya membangun Kampung Arema.

Menurut Sutiaji, Kampung Arema diharapkan mampu menarik wisatawan, sekaligus mengenal lebih jauh budaya dan karakteristik Kota Malang.

“Mulai ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisional, keseniannya, sampai bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera-kera Ngalam” harapnya.

Semua itu, lanjut walikota, akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh di Kampung Arema.

Sementara itu, Dukut menyatakan kesanggupannya turut serta membangun Kota Malang dalam rangka melestarikan kebudayaan yang ada.

“Ini wujud Corporate Heritage Responsibility yang akan kami persembahkan bagi Kota Malang” tuturnya.

Hadir pada audiensi itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Barenlitbang, dan Kabag Humas Kota Malang.