Kabupaten Malang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Malang Raya

NOTULA – Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (23/12/20).

Sebanyak 82 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Malang, camat dan kepala desa, semuanya terintegrasi masuk Zona integritas WBK dan WBBM itu.

“Kita hindari perbuatan melanggar aturan yang merugikan negara serta menghambat pelayanan terhadap masyarakat. Ini kita canangkan di akhir tahun, agar di awal tahun sudah terimplementasikan,” jelas Sanusi, usai pencanangan.

Menurutnya ada empat faktor timbulnya korupsi, yakni ada objek yang bisa dikorupsi, ada pihak yang melakukan korupsi, pihak yang melakukan dan menerima, ada niat, dan ada kesempatan.

“Kita harus punya mindset bahwa rezeki itu pasti ada, Allah sudah mengatur. Semua hal yang baik, nanti juga akan berbalas baik, begitu sebaliknya,” papar Sanusi dalam sambutannya.

Dia berharap, ke depan Kabupaten Malang bisa menjadi wilayah yang bersih dan melayani sesuai arahan yang diberikan Menpan RB, Tjahjo Kumolo.