Juni 2021, Samsung Luncurkan Galaxy Z Fold 3

Gadget, Tekno

NOTULA – Samsung Electronics mengonfirmasi rencana rilis ponsel baru yang bisa dilipat, Galaxy Z Fold 3 (nama tentatif), Juni 2021.

Bocoran dari ajunews.com , Grup Samsung mengumumkan kepastian itu awal pekan lalu. Kabarnya sudah memasuki tes akhir untuk mengkonfirmasi spesifikasinya, dan siap diproduksi massal.

Galaxy Z Fold 3 akan dikembangkan sebagai smartphone premium yang menggabungkan teknologi terbaru Samsung Electronics, seperti S Pen (pena elektronik) dan UDC (Under Camera View, kamera layar built-in).

Mereka telah mengkonfirmasi bahwa Galaxy Z Fold 3 dilengkapi dengan S Pen, fitur dari seri Galaxy Note untuk menggantikan seri notebook, karena penerapan tersebut, maka seri Note akan dihentikan.

Meski berhasil memasang in-screen digitizer untuk mengenali S Pen, namun sulit mengembangkan kaca penutup (tempered glass) untuk mencegah goresan saat S Pen dan layarnya bersentuhan, sehingga S Pen tidak dipasang pada Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold 2.

Namun, persiapan S Pen dilakukan bertahap, seperti mengganti material penutup layar Galaxy Z Fold 2 dari film transparent polyimide (CPI) menjadi ultra thin glass (UTG).

Selain itu, diterapkannya UDC ke Galaxy Z Fold 3 untuk memberikan pengalaman layar penuh yang sesungguhnya layaknya tablet PC.

Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold 2 sebelumnya dilengkapi notch display dengan satu sisi layar dan tampilan punch hole dengan lubang kecil untuk memasang kamera depan.