Joseph Robinette Biden Jr Presiden Terpilih AS

Nasional

NOTULA – Berhasil mendapatkan 20 electoral votes dari Pennsylvania, Joe Biden memastikan dirinya menjadi presiden terpilih (president elect) AS.

 

“Amerika, saya merasa terhormat anda memilih saya untuk memimpin negara besar kita,” bunyi tweet pertama Joe Biden, Sabtu (7/11/20)

 

“Ke depam, pekerjaan kita akan sangat berat. Tetapi saya janji ini pada anda: saya akan menjadi presiden untuk semua warganegara Amerika Serikat, terlepas apakah anda memilih saya atau tidak,” sambungnya.

 

Pada bagian lain dia menambahkan, “Saya akan menjaga keyakinan bahwa anda semua mendapatkan tempat di hati saya.”

 

Joe Biden yang memiliki nama lengkap Joseph Robinette Biden Jr, akhirnya memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat setelah secara resmi mendapatkan 20 electoral votes (total 290, melampaui ambang batas 270) paling menentukan dari Pennsylvania.

 

Sementara petahana Donald Trump sampai hasil pemungutan suara di Pennsylvania diumumkan masih mengantongi 213 electoral votes.

 

Joe Biden bukan wajah baru di panggung politik AS. Setelah beberapa periode menjadi anggota Kongres, ia sempat mendampingi Barack Obama sebagai wakil presiden dari 2009 sampai 2017.

 

Kamala Harris yang bakal mendampinginya dipastikan sebagai wanita pertama yang menjadi wakil presiden AS.

 

Kamala Harris, seperti dikutip dari RMOL.id, juga tercatat sebagai keturunan imigran pertama yang menduduki posisi itu. Saat ini Biden dan Harris sedang mempersiapkan pidato kemenangan mereka.