Joni Supriyanto Kasum TNI, Nyoman Cantiasa Pimpin Kopassus, Wisnoe Prasetia Pangdam Brawijaya

Nasional

NOTULA – Mutasi besar-besaran bergulir di jajaran perwira tinggi (Pati) TNI. Mayjen Joni Supriyanto bergeser posisi dari Pangdam Jaya menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, sementara Mayjen Nyoman Cantiasa menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus.

Berdasar Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019 Tanggal 25 Januari 2019, ada 104 perwira tinggi (Pati) TNI yang mengalami pergantian jabatan. Sebagian lagi memasuki masa pensiun.

Surat Keputusan itu juga menyebutkan, posisi Kasum TNI berpindah ke tangan Mayjen Joni Supriyanto. Pangdam Jaya dijabat Mayjen Eko Margiyono, yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus. Sedang Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi yang sebelumnya Pa Sahli Tk.III Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Pangdam V/Brawijaya.

Dalam siaran pers TNI disebutkan, mutasi jabatan kali ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Mutasi dilakukan terhadap 46 Pati AD, 30 Pati AL dan 28 Pati AU.

Di lingkungan AL, Laksdya Didit Herdiawan yang sebelumnya Kasum TNI, kini menjadi Irjen Kemhan. Kolonel Mar Hermanto dari Dandenma Mabesal menjadi Danlantamal XIV/Sor Koarmada III, dan Laksma Ribut Eko Suyatno dari Danlantamal IV/Tpi Koarmada I menjadi Staf Khusus Kasal.

Sedang di lingkungan AU, seperti dikutip dari rmol.co, Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja dari Sekjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), dan Masrdya Wieko Syofyan dari Wakasau menjadi Wagub Lemhannas, Marsda Fahru Zaini dari Asrena Kasau.