Jokowi: Muhammadiyah Tiada Henti Tebar Islam Berkemajuan

Nasional

NOTULA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi ucapan selamat Milad ke-109 Muhammadiyah yang jatuh hari ini, Kamis (18/11/21), melalui video konferensi. Menurutnya, Persyarikatan Muhammadiyah konsisten menebarkan nilai utama untuk kemajuan umat dan bangsa Indonesia.

“Sejarah mencatat, Persyarikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim yang berkemajuan, sebagai kunci meraih martabat insan kamil,” jelas Jokowi, dalam sambutannya, di Istana Negara.

Kepala Negara juga menyebut Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai utama Islam Berkemajuan dan Islam wasathiyah yang telah menjadi fondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia.

“Yang aman dan demokratis,” demikian Jokowi.

Milad ke-109 Muhammadiyah digelar secara luring dan daring. Secara luring digelar di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan ketat. Untuk daring ditayangkan di TV Mu, youtube Muhammadiyah Channel, serta platform resmi Muhammadiyah lainnya.

Peringatan Milad Muhammadiyah ke-109 ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menko PMK Muhadjir Effendy, secara daring di Istana Negara, Jakarta. Hadir pula para duta besar negara sahabat, dan sejumlah tokoh Muhammadiyah seluruh Indonesia.

Covid-19

Presiden juga mngapresiasi konsistensi Persyarikatan Muhammadiyah yang telah berkontribusi menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Pemerintah mengapresiasi, menghargai kontribusi dan konsistensi Muhammadiyah dalam penanganan pandemi,” ujarnya.

Menurutnya, sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Muhammadiyah bergerak cepat mengerahkan seluruh potensi amal usahanya secara terorganisir, melakukan kerja-kerja kemanusiaan dengan tulus ikhlas.

“Muhammadiyah menunjukkan contoh kesalehan sosial, mengoptimalkan pemanfaatan lebih dari 117 lebih rumah sakit dan 63 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Muhammadiyah juga mendampingi, menguatkan, dan mencerahkan umat, melakukan ikhtiar medis, dan mendisiplinkan protokol kesehatan kepada semua lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah, berkat kerja sama dan kerja keras seluruh komponen bangsa, laju Covid-19 berhasil kita tekan dan turunkan. Dan masyarakat perlahan-lahan bisa aktivitas kembali,” katanya.

“Usaha produktif juga mulai bergerak walaupun kita tetap harus waspada agar kasus positif tidak naik dan tidak bangkit kembali,” demikian Jokowi.