Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI, Dudung KSAD

Nasional

NOTULA – Jenderal Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Merdeka, Rabu (17/11/21), oleh Presiden Joko Widodo. Sedang Jenderal Dudung Abdurachman dilantik sebagai KSAD.

Hadir pada pelantikan itu sejumlah pejabat negara, tampak juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, bersebelahan dengan Wakil Presiden Maruf Amin.

Pada kesempatan yang sama, presiden juga melantik Letnan Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Kenaikan pangkat Dudung disampaikan Sekretaris Militer Presiden, Marsma TNI Toni Harjono, di Istana negara. Kenaikan pangkat dibacakan sebelum upacara pelantikan mantan Pangdam Jaya itu.

Seperti dikutip dari rmol.id, keputusan kenaikan pangkat itu dibubuhkan dalam Keputusan Presiden Jokowi Nomor 108 tahun 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira TNI.

“Menetapkan, satu menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurrahman menjadi Jenderal TNI, terhitung mulai tanggal ditetapkan diputuskan Presiden RI ini,” ucap Marsma Toni.

Dalam sumpah jabatannya, Perwira Tinggi yang menjabat Pangkostrad ini mengikrarkan sumpah jabatan di bawah Kitab suci Umat Islam, Alquran.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada negara dan bangsa,” tutup Jenderal Dudung.