Jelang Yadnya Kasada, Dinas Pariwisata Jatim dan Pelaku Wisata Gelar Dialog

Malang Raya

NOTULA – Menyongong pelaksanaan Yadnya Kasada di kawasan Gunung Bromo, Juli mendatang, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto S Kr MM , merasa perlu memastikan kesiapan semua unsur terkait, terutama menyikapi pandemi Covid-19.

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, Sinarto menangkap geliat para pelaku wisata yang memang terpaksa libur, karena merebaknya virus Corona.

“Kasada ini bukan hanya even provinsi atau nasional, tapi sudah dunia. Masalahnya adalah kesiapan kita semua terkait komitmen melaksanakan protokol kesehatan,” tutur Sinarto, di hadapan para pelaku wisata, di Balai Desa Wringinanom, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Minggu (7/6/20).

Dia berharap semua elemen terkait segera menyiapkan hal-hal yang dianggap perlu, berkoordinasi dengan instansi terkait. “Saya akan laporkan ke bapak Sekda Provinsi soal kesiapan kita semua,” tambahnya.

Pada sesi dialog, tampak antusiasme perwakilan pelaku wisata. “Kita sudah terlalu lama ‘puasa’, mudah-mudahan kehadiran bapak kepala dinas membawa angin segar kehidupan pariwisata Bromo-Tengger-Semeru,” tutur salah satu peserta pertemuan.

Menanggapi itu, Sinarto bisa memahami. Sebab itu dia minta semua insan pariwisata bisa memastikan kesiapannya melaksanakan upacara Yadnya Kasada, dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

“Hasil pertemuan ini segera saya sampaikan ke pak Sekda dan bu gubernur untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut,” tambahnya.