Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolsek Blimbing Koordinasi Santai dengan 17 Pengurus Gereja

Malang Raya

NOTULA – Sedikitnya 17 pengurus gereja di wilayah hukum Polsek Blimbing, Kota Malang, dialog (koordinasi) serius tapi santai dengan Kapolsek AKP Triyono Susanto SPd, di Rumah Makan Java Nine 2, Kawasan Karanglo, akhir pekan kemarin.

“Dikatakan serius karena topiknya memang menyangkut pengamanan Natal dan Tahun Baru, dan dikatakan santai, karena komunikasi kami gelar dengan model cangkrukan santai,” tutur Kapolsek Blimbing, AKP Triyono Susanto SPd, kepada notulanews, Minggu (2/12).

 

Pada koordinasi yang berlangsung santai, akrab dan guyub itu, Kapolsek mengingatkan, situasi Natal dan Tahun Baru kali ini berbeda, karena bersamaan agenda pesta demokrasi, sehingga sedikit agak panas.

“Tidak ada salahnya kita meningkatkan kewaspadaan. Itulah yang melatarbelakangi kami untuk menggelar koordinasi dengan para pengelola gereja di wilayah hukum yang saya pimpin ini,” tutur Tri, panggilan akrabnya.

 

Belum lagi perang modern. “Di dalam perang modern lawan tidak kelihatan, tetapi korbannya nyata dan terus berjatuhan,” jelas Tri lagi, sembari mengambahkan, bentuk perang modern di antaranya, maraknya peredaran Narkoba, yang agendanya jelas, yaitu menghancurkan generasi muda penerus cita-cita bangsa.

Kapolsek juga mengingatkan peredaran HP (handphone) dengan berbagai merk dan harga yang murah, sehingga siapa saja bisa memilikinya.

“Ada baiknya kita membatasi durasi penggunaan HP anak cucu kita. Karena pengunaan HP yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi perilaku kita, budaya kita, bahkan HP bisa memisahkan kita dengan anak-anak serta keluarga,”tuturnya.

“Saat bepergian satu keluarga dalam satu kendaraan, secara fisik kita berkumpul, tetapi nyatanya kita saling berjauhan, karena semua sibuk dengan WA atau game masing-masing. Situasi seperti itu merupakan embrio perpecahan sebuah keluarga,” rincinya.

Selain itu juga ada ancaman teroris yang menciptakan rasa takut bagi masyarakat dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Karena kita selalu mencurigai satu sama lain. Selanjutnya kita dibentur-benturkan, diadu domba sesama umat, akhirnya berbuntut SARA,” katanya.

Menyikapi semua itu, Tri mengajak para pengurus gereja untuk bekerja sama meningkatkan koordinasi, sehingga memudahkan kepolisian menjalankan tugas-tugas dan strategi pengamanannya.

Para pengurus gereja pun menyambut baik dan siap bekerjasama, demi terciptanya suasana yang kondusif selama Natal dan Tahun Baru.

Hadir pada kegiatan yang berlangsung penuh keakraban dan hangat itu, para pengurus gereja, Kanit Binmas Polsek Blimbing AKP Lukman Hudin, dan para Bhabinmas.