Jelang Masa Jabatan Sekda Berakhir, Bupati Malang Surati Mendagri dan Ketua KASN

Malang Raya

NOTULA – Gerak cepat dilakukan Bupati Malang, Sanusi, menyikapi berakhirnya masa tugas Sekda, Ir Didik Budi Muljono MT, yang memasuki masa pensiun, 1 Juni mendatang. Bupati berkirim surat kepada Ketua KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) dan Mendagri, dengan tembusan Dirjen Otonomi Darah dan Gubernur Jatim.

Surat bernomor 810/3273/35.07.201/2020 untuk Ketua KASN dan Nomor 810/3274/35.07.201/2020 untuk Mendagri tertanggal 29 April 2020 itu terkait seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Malang.

Pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama itu mengacu pada UU No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP No 11/2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana diubah dengan PP No 17 /2020 tentang perubahan PP 11/2017 serta Peraturan Menteri PAN RB No 15/2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

“Pemerintah Kabupaten Malang berencana melaksanakan pengisian jabatan dimaksud (sekretaris darah, red) dengan seleksi terbuka,” jelas bupati dalam surat itu.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) juga sudah menetapkan sejumlah langkah strategis terkait seleksi terbuka JPT (jabatan pimpinan tinggi) atau mutasi di instansi pemerintah. Dan selama masa pandemic Covid-19,  pengisian JPT tetap bisa dilangsungkan.

Melalui sistem merit, tahapan seleksi pengisian JPT dilakukan dengan memanfaatkan video conference atau sarana lain secara daring. Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No 52/2020 tentang Pelaksanaan JPT Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang instansinya akan menggelar seleksi JPT harus mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait rencana seleksi terbuka itu.

Setelah semua syarat terpenuhi dan berkoordinasi dengan instansi pemerintah yang bersangkutan, selanjutnya KASN menerbitkan surat rekomendasi melalui aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti). Koordinasi dan persiapan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia atau melalui video conference.

Sebelumnya, kepada wartawan di Pendopo Kabupaten Malang, Bupati Sanusi memastikan akhir Mei ini calon Sekda sudah terpiih, dan secepatnya bisa dilantik.

Sementara itu 3 nama kini mengemuka sebagai calon, di antaranya Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Kepala Inspektorat, Tri Dyah Maistuti dan Kepala BKPSDM, Norman Ramdansyah.